6 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet - Dewasa ini, laptop telah menjadi sebuah kebutuhan penting bagi sebagian besar orang. Dimana keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan, tugas sekolah, atau bahakan untuk sarana hiburan seperti bermain game, menonton film dan lainnya. Kepraktisan serta kemampuannya untuk-tugas tugas berat memang membuat laptop belum bisa digantikan perangkat lain.

Walaupun sangat praktis dalam penggunaannya, salah satu kelemahan laptop adalah daya baterai yang lemah ketika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, hal tersebut dapat kita hindari jika kita melakukan perawat baterai laptop dengan autentik. Pola penggunaan laptop menjadi faktor utama penyebab baterai lemah. Nah untuk menjaga laptop tetap tetap berikut ini kami berikan tips bagaimana cara merawat baterai laptop yang benar .

1. Mengatur Pencahayaan Pada Layar

Jika anda mengatur pencahayaan layar anda terlalu terang, pastinya hal itu juga akan memakan banyak tenaga baterai. Selain itu, cahaya layar yang terlalu terang juga tidak baik untuk mata anda. Aturlah kecerahan layar pada titik rendah. Layar menjadi salah satu penyerap daya terbesar setelah cpu. Untuk menghemat daya baterai agar tetap awet , sebaiknya atur tingkat kecerahan pada level rendah. Selain hemat, juga dapat melindungi mata anda dari kerusakan.

2. Tutuplah Aplikasi Yang Tidak Penting

Tutuplah aplikasi yang menyerap penggunaan cpu yang tidak digunakan. Banyak aplikasi yang yang tidak kita sadari sebenarnya menyerap penggunaan CPU. Program atau aplikasi tersebut tentunya turut menyerap daya baterai sehingga cepat habis. untuk mengetahuinya aplikasi apa saja yng sedang berjalan gunakanlah windows task manager, kemudian tutup aplikasi yang tidak digunakan tersebut.

3. Pemakaian Pertama Kali

Untuk pemakaian pertama kali, cas baterai sampai 8 jam ( Ah itu hanya mitos ! ). Seperti yang dilansir oleh detik.com bahwa Laptop baru sekarang, kebanyakan baterainya sudah Lithium ion (Li-ion) atau Lithium Polymer (Li-Poly). Tidak ada lagi keharusan memperlakukannya seperti baterai jaman dulu yang memakai bahan dasar Ni-MH (Nikel-Metal Hydride).

Salah satu perbedaannya, pada Li-ion tidak lagi ada memory effect seperti yang biasa terjadi di baterai tipe Ni-MH yang sebelum di-charge ada keharusan baterai di kosongkan terlebih dahulu supaya mendapatkan kapasitas yang maksimal. Jadi saat pertama kali beli silahkan cas baterai laptop atau notebook anda secara normal atau sampai full saja.

4. Mengecas Dalam Waktu Singkat Atau Jangan Menunggu Baterai Habis 

Apabila anda sering menggunakan laptop atau notebook, waspadailah kondisi baterainya. Jangan sampai baterai tersebut habis total. Ada baiknya anda mengecas ketika kapasitas baterai sekitar 60% - 75%, dengan cara ini anda bisa mengisi full dalam waktu yang singkat. Beda jika baterai habis total, butuh waktu lama untuk mengisi ulangnya.

5. Setiap Menggunakan Laptop Lebih Baik Jika Power Adaptor Tetap Terpasang (Di Cas Terus)

Karena batere tipe-tipe baru sekarang mempunyai controll battery artinya “jika full, batere akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, dan juga tidak membuat batrei soak/kembung”.

Charge baterai secara rutin dalam interval pendek tanpa harus menunggu baterai sampai atau hampir habis

6. Sirkulasi Udara Harus Tetap Lancar

Dalam hal ini, anda bisa menggunkan kipas pendingin laptop. harganya yang bersahabat dan sangat praktis penggunaanya. cara ini dinilai sangatlah effective, karena jika temperatur laptop panas, akan sangat berpengaruh dengan kinerja baterai.

Itulah 6 tips dari kami tentang cara merawat baterai laptop yang sempurna. Pada intinya, faktor yang membuat baterai kita cepat habis ialah kebiasaan buruk dalam penggunaannya

0 Response to "6 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet"

Post a Comment